Cara Memperbaiki Password User Oracle Saat Telah Expired
Oleh Acep SopianDiposting pada
Jika password pengguna Oracle telah kadaluarsa atau akan habis masa berlakunya (dalam 14 hari), maka akunnya akan dikunci. Jika ini terjadi pada database Oracle yang digunakan dengan Mobility Suite, maka akan ada banyak kesalahan Oracle ORA-28001 yang muncul di berkas ‘/var/log/asf/celery.log’ yang berisi entri yang lolos ke kata sandi Oracle yang kadaluarsa . Langkah-langkah di bawah ini perlu diikuti dari antarmuka SQL Plus untuk basis data mdmcore dan appstore setelah ORACLE_SID mereka telah diekspor dari Terminal Linux:
1. Ekspor database Anda dan login ke antarmuka SQL Plus:
1
2
3
|
export ORACLE_SID=YourDB
sqlplus /nolog
connect sys as sysdba
|
2. Ubah profil pengguna default untuk menetapkan kebijakan kata sandi menjadi ‘UNLIMITED’:
1
2
3
4
5
6
7
8
|
ALTER PROFILE DEFAULT LIMIT COMPOSITE_LIMIT UNLIMITED
PASSWORD_LIFE_TIME UNLIMITED
PASSWORD_REUSE_TIME UNLIMITED
PASSWORD_REUSE_MAX UNLIMITED
PASSWORD_VERIFY_FUNCTION NULL
PASSWORD_LOCK_TIME UNLIMITED
PASSWORD_GRACE_TIME UNLIMITED
FAILED_LOGIN_ATTEMPTS UNLIMITED;
|
3. Periksa kadaluwarsa dan status kata sandi akun pengguna yang terkait dengan file ‘/usr/local/asf/etc/settings.cfg’ Mobilitas Suite:
1
2
3
4
5
|
SELECT EXPIRY_DATE from dba_users where username = 'YourUser';
SELECT RESOURCE_NAME,LIMIT FROM DBA_PROFILES WHERE PROFILE='DEFAULT' AND RESOURCE_NAME IN ('FAILED_LOGIN_ATTEMPTS','PASSWORD_LOCK_TIME');
SELECT USERNAME, ACCOUNT_STATUS FROM DBA_USERS WHERE USERNAME='YourUser';
|
4. Tetapkan profil kebijakan kata sandi default yang diperbarui dan setel ulang kata sandi untuk akun pengguna yang terkait dengan database Mobility Suite sambil juga membuka akun pengguna:
1
2
3
4
5
6
7
|
ALTER USER YourUser PROFILE DEFAULT;
connect YourUser
ALTER USER YourUser IDENTIFIED BY YourPassword;
ALTER USER YourUser ACCOUNT UNLOCK;
|
Akun pengguna Anda sekarang harus dibuka, kata sandi harus diperbarui, layanan Mobility Suite seharusnya sudah membangun kembali komunikasi dengan database, dan kata sandi akun pengguna seharusnya tidak kedaluwarsa lagi. Jika ada masalah dengan menjalankan perintah di atas, bisa jadi layanan Mobility Suite masih berusaha untuk berkomunikasi dengan database. Jika ini terjadi, maka perintah berikut dapat dijalankan untuk mengakhiri sesi setelah ‘SID’ dan ‘SERIAL’ telah ditentukan untuk ‘YourUser’:
1
2
3
4
5
6
7
8
|
, ' /" >SELECT s.sid, s.serial#, s.status, p.spid
FROM v$session s, v$process p
WHERE s.username = 'YourUser' --<<<--
AND p.addr(+) = s.paddr
/
ALTER SYSTEM KILL SESSION '<SID>, <SERIAL>'
/
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar