Sebagai salah satu jenis framework untuk sinkronisasi dan sharing
data, owncloud pasti akan dihuni banyak user/pengguna. Setiap user akan
meletakkan data-datanya di owncloud dan bisa jadi memberikan hak akses
pada user lain pada data tersebut demi sebuah kepentingan kolaborasi.
Owncloud Administrator tentunya tidak bisa membiarkan begitu saja
orang-orang yang tidak mempunyai kepentingan masuk kedalam owncloud,
oleh karenanya dia harus me-manage user yang ada pada owncloud.
Di dalam owncloud, hanya administratorlah yang dapat membuat dan mengatur user. Setelah login sebagai admin, arahkan kursor ke sudut kanan atas lalu klik admin. Dropdown setting akan keluar. Di versi sebelumnya, setting seperti ini ada di sudut kiri bawah.
Klik ‘Users’, maka akan nampak gambar sebagai berikut:
Mari kita mulai dari membuat user. Pada kolom Login Name dan Password, isilah dengan username dan password owncloud user yang akan dibuat. Pada bagian Groups pilihlah atau isilah nama grup dimana username akan digabungkan. Sebelum menekan Create untuk membuat user, berikan kuota storage maksimum untuk user tersebut pada bagian Default Storage. Pilihan kuota ada beberapa (Unlimited, 1 GB, 5 GB, 10 GB, Other). Group dan Quota dapat juga diisi atau dipilih setelah user dibuat. Setelah keempatnya lengkap, maka tekan Create untuk membuat user yang baru tersebut. Contohnya Login Name: g01668; Password: xxxxxx; Groups: Lab21; Default Storage: 200GB. User dapat mengubah passwordnya setelah melakukan login pada account dia sendiri.
Pemberian kuota storage di dalam owncloud, haruslah mempertimbangkan
total storage yang akan digunakan secara bersama-sama sebagai Cloud
Storage. Kuota ini dapat diubah dengan berjalannya penggunaan owncloud.
Perlu diperhatikan jika di kemudian hari akan memperkecil kuota storage
sebuah user, ini dapat mempengaruhi data user tersebut yang sudah
tersimpan di dalam owncloud.
Setelah user dibuat, maka daftar user akan nampak di bagian bawah bagian pembuatan user. Tambahkan Display Name jika diperlukan (supaya mudah dikenali).
Sebagai tambahan fasilitas kaitannya dengan data sharing, owncloud
memiliki kelebihan dalam pengaturan user, yaitu setiap user dapat
dikategorikan dalam 1 atau lebih grup. Pembagian grup ini terkait dengan
kemudahan klasifikasi user dan nantinya untuk urusan pengaturan privasi
data. Kita dapat membuat grup-grup lain, tetapi grup tambahan itu
memiliki privilege selevel grup biasa, bukan Admin. Usahakan user tidak
dimasukkan ke dalam grup admin, karena nanti dia akan selevel admin.
Berilah grup yang selayaknya pada sebuah user. Misalnya seperti yang
terlihat gambar berikut. Ada 1 grup admin dan 6 grup lainnya. User
irving masuk ke dalam grup lab21.
Satu fasilitas lain dalam owncloud adalah Groups Admin, apa
itu? Ini fasilitas baru. Fasilitas ini lebih kepada ‘upgrading’ level
user. Sebuah user dapat menjadi admin untuk grup tertentu. User ini
nantinya bisa menambah ataupun mengatur user pada grup yang diberikan,
namun dia tidak dapat mengatur grup tersebut. Contoh pada gambar berikut
menunjukkan user Irving dapat mengatur user pada grup Lab14.
Sebagai penutup, pada user yang sudah ada, dapat juga dilakukan
penggantian password atau bahkan menghapusnya. Penggantian password
dapat dilakukan dengan menggeser kursor ke bagian password lalu
menggantinya. Sedangkan penghapusan user dapat dilakukan dengan menekan
tanda silang disebelah paling kanan pada sebuah user.
Migrasi user
Owncloud juga memberikan kemudahan jika kita akan pindahan data.
Untuk mem-packing data, klik Setting – Personal –Export. Sebuah file
berekstensi Zip akan di-generate dan diletakkan pada sebuah folder di
dalam komputer. Jika ingin meng-unpack data kita, lakukan perintah
Import
Tidak ada komentar:
Posting Komentar