Fasilitas
berikutnya yang akan kita bahas dari OwnCloud adalah kemampuannya dalam
manajemen agenda, kita bisa memberikan catatan kegiatan-kegiatan esok
hari yang menurut kita penting dan bisa membagikannya kepada orang-orang
yang kita pilih. Lebih dari itu, menggunakan Firefox Thunderbird dan
Android, maka kita bisa dengan mudah melakukan sinkronisasi catatan
kegiatan penting tersebut ke device lain.
Hebat banget kan ?. tak menyangka saya bisa
mendapatkan fasilitas-fasilitas canggih ini dari aplikasi open source
ini. Lalu, bagaimana cara melakukannya ?. Skenarionya begini, saya akan
coba buat agenda baru melalui OwnCloud nya, kemudian akan saya coba
lakukan sinkronisasi dari PC WIndows dan Smartphone android saya. Begitu
ya ?. Simak langkah-langkah berikut
1. Pastikan anda telah melakukan login di akun OwnCloud anda
2. Kemudian temukan link “Kalender” ini di sisi sebelah kiri
3. Setelah kalender nya terbuka, kemudian
klik di salah satu cell, semisal saya akan pasang agenda di kamis 24
oktober 2013 tepat jam 8.00
4. Akan muncul jendela baru yang berisi keterangan judul sesi,
kategori, dan waktu pelaksanaan. Silakan isikan masing-masing form ini
kemudian lanjutkan dengan klik “sampaikan”. Oh ya, bagi anda yang ingin
ngoprek lebih lanjut, bisa di klik opsi lanjutan untuk seting lebih
spesifik akan di share ke siapa, grup apa dan seterusnya.Setelah diklik maka hasil dari entry tadi adalah sebagai berikut
Oke, sampai disini setingan di OwnCloud nya sudah selesai, langkah-langkah berikutnya akan membahas bagaimana seting sinkronisasi di PC Windows dan Android Smartphone nya. Ikuti terus ya..
Sinkronisasi di PC Windows
1. Bagi anda yang pertama
kali melakukan instalasi software e-mail client ini, maka software ini
berfungsi untuk download e-mail2 anda dari server yang ada di internet
ke PC anda, sehingga dalam perjalanannya, ketika anda membutuhkan
membaca e-mail maka tak perlu lagi koneksi Internet. Selain itu,
software ini juga memfasilitasi untuk pencatatan agenda di PC anda dalam
format kalender yang bisa di set, harian, pekanan, bulanan atau
tahunan. Contoh software e-mail client ini diantaranya adalaj firefox
thunderbird yang bisa di download disini. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
Silakan lanjutkan download biasa dan lakukan instalasi.
Setelah terinstall, Anda bisa membuka aplikasi firefox thunderbird yang telah anda install tadi pada ikon seperti ini.
2. Agar Thunderbird ini bisa berfungsi
optimal dalam tutorial ini, diperlukan “Lightning” sebagai add ons
tambahan agar bisa memanajemen jadwal, silakan download bisa melalui link ini Setelah terdownload pastikan anda tahu tempat file lightning nya tersimpan.
Setelah terbuka, maka pada sisi pojok kanan atas, akan ada setting untuk menambah “add-ons” silahkan di klik
sekarang kita akan melakukan install add-ons dari file yang telah kita download sebelumnya. Klik “Install add-ons From File…”
Klik “install now” untuk melanjutkan
3. Agar bisa digunakan instalasi add-ons nya, maka diperlukan restart aplikasi firefox thunderbird nya (bukan PC nya lho ya)
4. Saya anggap sudah restart dengan baik,
dan aplikasi firefox thunderbird nya sudah ready kembali. Berikutnya
adalah kita akan utak atik bagian kalender aplikasi ini. Klik File>>New>>Calendar
5. Sampai disini anda akan ditanyakan pada
dua pilihan lokasi penempatan kalender, kita pilih “On the Network”,
lanjutkan dengan klik “Next”
6. Pada jendela berikutnya, pilihan format pilihan remote kita akan memilih “CalDAV”.
Sementara pada “Location” form ini bisa
kita isi berdasarkan sumber dari sharing link dari OwnCloud nya. Silakan
anda buka lagi seting kalender dari OwnCloud, pada lingkaran bergerigi
di klik, kemudian diikuti klik lagi dari bulatan kecil bola bumi, nanti
anda akan mendapatkan link anda sendiri.
kalo link saya seperti ini
http://192.168.0.10/nfbscloud/remote.php/caldav/calendars/dedy/defaultcalendar
pada user anda, tinggal diganti saja “dedy”
menjadi nama user anda. Kembali lagi pada jendela dibawah, silakan
masukan “Location” anda, ikuti dengan klik “next”
7. Masuk pada jendela baru, anda bisa memilih color, lanjutkan “next” lagi
8. Saat ditanyakan seperti ini, maka masukan saja user password akun anda di OwnCloud, trus klik OK
9. Akhirnya sudah berhasil terbuat dengan baik, klik Finish untuk selesai
10. Untuk menguji sinkronisasinya, silakan buka kalendernya, maka akan anda dapati isian di OwnCloud sudah terintegrasi disana.
Bagaimana mudah bukan.. ?. Saat ini
sinkronisasi di PC anda sudah berhasil dilakukan. Berikutnya akan kita
bahas sinkronisasi yang terjadi pada smartphone android.
Sinkronisasi di Smartphone Android
1. Pertama, tentu saja kita akan lakukan
instalasi progam pendukungnya, pengalaman saya ada banyak sekali di
anroid untuk melakukan sinkronisasi ini, kalau saya memilih “Cal-DAV
Sync”, tampilannya seperti ini
Silakan bisa di download dan install pada link ini
Oke saya anggap anda sudah bisa melakukan
instalasi dengan baik. Selanjutnya, akan kita lakukan seting pada
Calendar bawaan dari androidnya.
2. Buka aplikasi calendar nya seperti ini
lalu buka pada settings
4. Tambahkan account baru lewat “Add Account”
5. Kemudian klik pada bagian “CalDAV Sync Adapter”
6. Nah, pada jendela Sign in, masukkan akun
anda (user-password) juga location
: http://192.168.0.10/nfbscloud/remote.php/caldav/ lanjutkan dengan klik
“Sign in or Register”
7. Akan muncul account dedy disana, kemudian klik “dedy”
8. pada jendela Sync, pilih “dedy CalDAV”
Selesai, tak berapa lama, pada calender
yang tadinya kosong, akan muncul sinkronisasi isian anda dari OwnCloud
seperti tampilan di bawah ini.
Jika kita klik satu persatu, maka akan muncul detail seperti dibawah ini
dan ini
Mudah banget kan ?. Saat ini dua device anda, satu di PC dan satu lagi di android telah sinkronisasi otomatis dengan OwnCloud.
Mantab kan.. Selamat mencoba dan bereksplorasi.
Semoga bermanfaat
Salam hangat,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar