Cara Install ownCloud dan Konfigurasi ownCloud Apps pada VPS Ubuntu 12.04
pengantar
OwnCloud adalah aplikasi web yang dapat menyimpan dan melayani konten dari lokasi terpusat, seperti Dropbox. Perbedaannya adalah bahwa ownCloud memungkinkan Anda untuk meng-host perangkat lunak melayani di mesin Anda sendiri, mengambil masalah kepercayaan dari menempatkan data server pribadi Anda orang lain.
Meskipun terutama digunakan sebagai file sharing dan mengakses Portal sederhana, ownCloud memiliki banyak fungsi lain juga.
Dalam panduan ini, kami akan menginstal dan mengkonfigurasi sebuah contoh ownCloud pada Ubuntu 12.04 VPS. Kami kemudian akan membahas bagaimana untuk me-mount share ownCloud untuk VPS lain menggunakan WebDAV. Kami juga akan membahas beberapa pilihan menarik lainnya.
Menginstal ownCloud
Versi ownCloud tersedia di Ubuntu 12.04 ini repositori default adalah dari tanggal sekarang. Kami akan mendapatkan terbaru versi stabil yang dibangun menggunakan openSUSE menakjubkan membangun layanan.
Kami pertama kali akan men-download kunci rilis terkait dengan software ownCloud:
cd wget http://download.opensuse.org/repositories/isv:ownCloud:community/xUbuntu_12.04/Release.key
Sekarang tambahkan kunci untuk apt sehingga dapat memvalidasi file:
sudo apt-key add - < Release.key
Tambahkan repositori ownCloud di openSUSE build service untuk daftar sumber apt ini dengan mengetik:
echo 'deb http://download.opensuse.org/repositories/isv:ownCloud:community/xUbuntu_12.04/ /' | sudo tee -a /etc/apt/sources.list.d/owncloud.list
Akhirnya, memperbarui database paket dan menginstal ownCloud dan MySQL:
sudo apt-get update sudo apt-get install owncloud mysql-server
Anda akan diminta untuk menetapkan password root untuk pengguna database MySQL admin selama instalasi.
MySQL Configuration
Kami akan mengkonfigurasi server ownCloud kami untuk mengambil keuntungan dari database MySQL lebih kuat daripada pelaksanaan SQLite default. Untuk melakukannya, kita harus mengkonfigurasi MySQL pertama.
Ketik perintah berikut untuk menginisialisasi database dan mengamankan sistem:
sudo mysql_install_db sudo mysql_secure_installation
Anda harus memasukkan password administrasi yang dipilih saat instalasi MySQL. Anda kemudian akan diminta untuk pengaturan keamanan. Tekan "Enter" untuk memilih ya untuk semua pengaturan kecuali yang pertama (tentang mengubah password root lagi).
Sekarang, masuk ke MySQL sebagai user root dengan mengetik:
mysql -u root -p
Sekali lagi, Anda akan diminta untuk password administrasi MySQL.
Membuat database dengan perintah ini:
CREATE DATABASE owncloud;
Membuat dan menetapkan hak untuk pengguna MySQL baru untuk menangani operasi database untuk ownCloud:
. GRANT ALL ON ownCloud * untuk 'ownCloud' @ 'localhost' diidentifikasi oleh 'select_database_password';
Keluar MySQL dengan mengetik:
exit
Konfigurasi akhir
Sekarang, jika Anda pergi ke alamat IP atau nama domain diikuti dengan "/ ownCloud" di browser Anda, Anda akan melihat halaman yang terlihat seperti ini:
Anda dapat memperbaiki kesalahan ini dengan menginstal paket tambahan. Kami juga akan menginstal perpustakaan keriting PHP untuk nanti:
sudo apt-get install php5-intl php5-curl
Sekarang, kembali halaman Anda dan Anda harus memberikan halaman yang akan meminta Anda untuk membuat pengguna administratif:
Sebelum melakukannya, klik pada "maju" tombol. Pilih "MySQL" dari pilihan yang tersedia. Masukkan informasi Anda dikonfigurasi dalam langkah terakhir:
Membuat user dan password. Anda akan masuk dan disajikan dengan pesan selamat datang:
Klik "X" di sudut untuk mendapatkan ke antarmuka utama:
Di sini, Anda dapat membuat atau meng-upload file ke cloud pribadi Anda.
Gunung Anda ownCloud Berbagi ke VPS Anda
Jika Anda ingin untuk dapat berinteraksi dengan contoh ownCloud Anda dari baris perintah seolah-olah itu adalah bagian dari sistem file lokal Anda, Anda dapat me-mount file berbagi direktori menggunakan WebDAV.
Dari tetesan Ubuntu lain atau mesin, Anda dapat me-mount wilayah bersama. Hal ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan ruang dalam cara otomatis.
Menginstal alat WebDAV pada mesin Ubuntu kedua dengan mengetik:
sudo apt-get update sudo apt-get install davfs2
Kami akan memungkinkan pengguna non-root untuk me-mount dan unmount saham WebDAV dengan mengetik:
sudo dpkg-reconfigure davfs2
???????????????????????????? Configuring davfs2 ????????????????????????????? ? ? ? The file /sbin/mount.davfs must have the SUID bit set if you want to ? ? allow unprivileged (non-root) users to mount WebDAV resources. ? ? ? ? If you do not choose this option, only root will be allowed to mount ? ? WebDAV resources. This can later be changed by running 'dpkg-reconfigure ? ? davfs2'. ? ? ? ? Should unprivileged users be allowed to mount WebDAV resources? ? ? ? ? <Yes> <No> ? ? ? ?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????
Pilih "Ya" untuk mengaktifkan kontrol WebDAV untuk pengguna.
Berikutnya, tambahkan nama pengguna Linux untuk kelompok WebDAV:
sudo usermod -aG davfs2 nama
Mengedit tabel sistem file:
sudo nano /etc/fstab
Tambahkan baris berikut pada akhir file, mengganti server dan nama pengguna informasi:
your_IP_or_domain /owncloud/files/webdav.php / home / username / ownCloud davfs pengguna, rw, noauto 0 0
Pergi ke direktori home Anda dan menciptakan dua direktori, satu untuk me-mount share, dan yang lainnya untuk menahan rincian konfigurasi WebDAV:
cd mkdir owncloud mkdir .davfs2
Buat file bernama "rahasia" di direktori konfigurasi WebDAV Anda untuk menyimpan login Anda misalnya ownCloud Anda.
nano / home / username /.davfs2/secrets
your_IP_or_domain /owncloud/files/webdav.php OwnCloud_username OwnCloud_password
Sekarang mengunci file, karena berisi informasi sensitif dalam teks biasa:
chmod 600 ~/.davfs2/secrets
Akhirnya, Anda siap untuk me-mount share Anda:
mount ~/owncloud
Sekarang, berubah menjadi direktori ownCloud untuk melihat isi:
cd ~/owncloud ls
error_page.png lost+found Screen Shot 2013-09-25 at 1.03.37 PM.png
Anda dapat menambah, menghapus, atau mengedit file seolah-olah mereka berada di komputer lokal Anda, tetapi ownCloud Anda telah menyiapkan akan mencerminkan perubahan.
Gunakan ownCloud Mengelola Bookmarks
Satu keuntungan dari menggabungkan kebiasaan web Anda ke ownCloud adalah bahwa informasi Anda dapat terus-menerus di antara beberapa perangkat dan lokasi.
Sebuah contoh yang baik dari ini adalah kemampuan untuk menyimpan bookmark di ownCloud. Anda kemudian dapat mengaksesnya dari komputer manapun.
Untuk mengaktifkan bookmark, klik pada nama pengguna di pojok kanan atas, kemudian klik "Apps":
Di sini, Anda dapat mengaktifkan modul, atau "aplikasi" untuk memperluas fungsionalitas dari ownCloud Anda.
Menemukan "Bookmarks" pilihan dalam menu dan klik "Aktifkan" tombol:
Sebuah tombol yang disebut "Bookmarks" akan ditambahkan ke bar navigasi kiri. Klik.
Sekarang tarik tombol dari tengah halaman dan menempatkannya di bookmark bar browser Anda.
Sekarang, Anda memiliki tombol pada browser Anda mengatakan "Baca nanti". Pada halaman manapun Anda ingin memesan tanda, klik tombol itu untuk membuat bookmark dalam ownCloud.
Sebuah pra-diisi bookmark akan terbuka dan Anda dapat mengeditnya dengan penandaan informasi.
Apa pun yang Anda simpan akan tersedia dalam tab Bookmark Anda:
Gunakan ownCloud Pelihara Tugas
OwnCloud juga memiliki organizer tugas yang cukup fungsional. Hal ini dapat digabungkan dengan plugin kalender untuk mengatur dan jadwal kegiatan dan tugas-tugas.
Pergi ke halaman aplikasi lagi (klik pada nama pengguna di pojok kanan atas dan kemudian pilih "aplikasi"). Klik pada "Tugas" dan kemudian "Aktifkan" tombol:
Anda sekarang memiliki "Tugas" tombol pada bar navigasi kiri. Klik untuk melihat antarmuka tugas:
Gunakan ownCloud Mengelola RSS Feed Anda
Jika Anda melacak beberapa situs harian, Anda mungkin sudah familiar dengan RSS feed. Ini memungkinkan Anda untuk tetap up-to-date pada konten situs dalam antarmuka yang seragam.
Anda dapat mengaktifkan fungsi ini dalam ownCloud dengan menyalakan beberapa aplikasi.
Sekali lagi, pergi ke halaman aplikasi (klik pada nama pengguna di pojok kanan atas dan kemudian pilih "aplikasi").
Anda harus mengaktifkan kedua "App Framework" dan "Berita":
Anda sekarang akan memiliki "News" tab pada bar navigasi kiri. Masukkan RSS feed di sudut kiri atas.
Feed Anda kemudian akan muncul di sisi kanan. Anda akan memiliki menu feed di sebelah kiri:
Kesimpulan
OwnCloud dapat meniru fungsi dari banyak potongan populer perangkat lunak. Keuntungan dari ownCloud adalah bahwa informasi yang disimpan di tempat yang Anda kontrol.
Jelajahi antarmuka dan mencoba beberapa plugin. Banyak dari ekstensi memiliki kemampuan untuk mengimpor data dari aplikasi yang sedang Anda gunakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar