Timeline
07 Recruitment
Berikut ini kita akan bersama mempelajari, fitur OrangeHRM yang sangat membantu pekerjaan HR khususnya di dalam hal Rekrutment.
Posting rekrutment online dari OrangeHRM dapat dilihat di
Bagaimana posting lowongan ini muncul dan bagaimana cara kerjanya?
Modul Recruitment terdiri dari sub-menu berikut:
- Candidates
- Vacancies
- Configure
Candidates
Ini adalah ruang informasi tentang para kandidat yang telah meng-apply lamaran kerja yang kita posting di halaman di atas.
Vacancies
Di sini adalah ruang untuk membuka lowongan kerja baru sekaligus memonitor status dari masing-masing lowongan kerja. Perhatikan gambar berikut:
Perhatikan gambar berikut ini yang menjelaskan tentang bagaimana kita membuka lowongan kerja baru.
Configure
Merupakan sebuah fitur yang sangat bermanfaat pada saat kita membuat lowongan kerja, karena memungkinkan kita membuat header, footer dan daftar pertanyaan (pre-screening question) untuk masing-masing job vacancies.
Perhatikan gambar-gambar berikut dan praktekkan, lalu simpulkan apa yang Anda pelajari dari sini.
Perhatikan juga gambar berikut:
Onsite Training tersedia bagi Anda yang membutuhkan kami hadir memberikan pelatihan secara privat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami dinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
05 Modul Leave (OrangeHRM Live)
Modul Leave versi OrangeHRM Live (atau versi advanced) merupakan modul yang powerful dari OrangeHRM. Modul ini terdiri dari sub-menu:
- Configure
- Leave Summary
- Leave List
- Assign Leave
- Leave Calender
Gambar diatas, merupakan tampilan saat kita masuk ke Modul Leave. Selanjutnya kita akan menjalani langkah demi langkah untuk memahami dan memperoleh manfaat dari Modul Leave dalam OrangeHRM ini.
Configure
Di dalam sub-menu ini kita akan mengatur mengenai beberapa settingan:
- Periode cuti (Leave Period), disini kita menetapkan tanggal awal periode cuti berlangsung dan merupakan informasi dari sistem untuk melakukan segala perhitungan cuti yang akan berlangsung dalam tahun berjalan
- Jenis cuti (Leave Tipe), disini kita menentukan semua jenis cuti dan jenis ijin yang berlaku sesuai kebijakan HR (HR Policy) dari masing-masing perusahaan. Dalam versi ini, kita bisa melakukan setting yang lebih detail dan aturan main dari masing-masing cuti
- Work week, disini kita mengatur hari kerja yang berlaku di perusahaan kita.
- Holidays, disini kita mengatur hari-hari Libur yang berlaku di perusahan kita, baik berlangsung sekali dalam tahun tersebut atau berulang setiap tahun.
Leave Summary
Pada bagian ini kita bisa melihat segala macam rekapitulasi laporan cuti yang sudah berlangsung dengan berbagai filter informasi. Untuk lebih jelasnya mari kita praktekkan.
Leave List
Pada bagian ini kita bisa melihat status cuti dari masing-masing karyawan, sisa cuti yang masih ada, status dari cuti dan masih banyak lagi.
Assign Leave
Dalam fitur ini, kita dapat menetapkan cuti bagi karyawan, untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut:
Leave Calender
Kalender cuti ini merupakan fitur yang penting karena memetakan situasi dan kekuatan dari manpower Anda yang sedang bertugas dan sedang cuti dalam tampilan yang ringkas dan informatif.
Onsite Training tersedia bagi Anda yang membutuhkan kami hadir memberikan pelatihan secara privat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
04 Modul Time
Modul ini merupakan modul terkait dengan waktu kerja yang digunakan oleh karyawan. Dalam Modul Time ada 2 (dua) fungsi pencatatan waktu kerja dengan kegunaan yang berbeda. Fungsi-fungsi tersebut adalah:
- Attendance. Fungsi ini adalah fungsi pencatatan absensi masuk/pulang karyawan (punch in/punch out). Karyawan melakukan punch in/punch out, saat login ke sistem dengan ESS User Login yang ia miliki.
- Timesheet. Fungsi ini memfasilitas karyawan untuk memasukkan penggunaan jam kerjanya(timesheet) dalam suatu projek dimana ia ditugaskan.
Attendance
Pembelajar yang budiman,
Dalam fungsi ini pertama-tama kita mengatur fungsi Attendance yang dapat disetel dalam tiga pilihan, yang diatur melalui sub-menu Time ==> Attendance ==> Configuration seperti gambar berikut:
- Karyawan dapat mengubah waktu pada saat ia melakukan punching in/out
- Karyawan dapat mengubah/menghapus catatan waktu kehadirannya sendiri
- Supervisor dapat mengubah/menghapus catatan waktu kehadiran bawahannya (subordinate-nya)
HR admin dapat melihat status absensi karyawan pada suatu tanggal tertentu, seperti yang tertampil dalam layar berikut:
Timesheet
Sebuah fitur keunggulan dari OrangeHRM adalah adanya lembar laporan waktu kerja (timesheet). Dengan laporan ini, seorang karyawan (subordinate) dapat membuat laporan kepada atasannya (supervisor) tentang alokasi waktu yang ia gunakan saat mengerjakan kegiatan (acitivities) dalam proyek-proyek yang dipercayakan kepadanya.
Mekanismenya adalah sebagai berikut:
- Karyawan (ESS Subordinate) memasukkan data waktu kerja yang ia gunakan pada setiap aktifitas sebuah proyek.
- Karyawan (ESS Supervisor) menelaah lembar timesheet yang diajukan oleh bawahan (Subordinate)-nya, bila OK bisa disetujui, bila OK dengan catatan dapat diedit, bila Not OK, bisa di-Cancel. Selain itu, Supervisor dapat memberi komentar positif, koreksi atau masukan sehingga terjadi proses pembelajaran dan pemupukan motivasi melalui sistem ini.
- Apabila ESS Supervisor berhalangan, fungsi penelaahan (review) dan persetujuan dapat dilakukan oleh HR Admin
- Untuk lebih jelasnya perlu dilakukan praktek.
Dari sisi HR admin, pembelajar dapat melihat tampilannya seperti berikut ini:
Selain itu, fitur Timesheet ini dapat juga dilihat dari dari sisi ESS Subordinate dan ESS Supervisor. Untuk lebih jelasnya perlu dikaji dalam praktek bersama kita.
Report
Fitur lain dari Modul Time yang sangat berguna adalah sub-menu Report, dimana dengan fungsi ini kita bisa melihat efektifitas dan efisiensi kerja dari karyawan kita, baik secara detil per karyawan atau pun per aktifitas dalam proyek. Sebuah tampilan report yang berguna adalah seperti tampilan berikut, dimana kita dapat melihat siapa yang lebih efektif dalam bekerja untuk melakukan kegiatan (activities) yang sama dalam sebuah proyek.
Onsite Training tersedia bagi Anda yang membutuhkan kami hadir memberikan pelatihan secara privat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Modul PIM
Dear pembelajar,
Pada bagian ini kita akan mempelajari tentang Personal Information Manager (PIM). Fitur-fitur yang tersedia dalam modul PIM antara lain:
- Personal Details
- Profile Picture
- Contact Details
- Emergency Contact(s)
- Dependents
- Immigration Details
- Job Information
- Salary Information
- Employee Reporting Structure (Assign Supervisors and subordinates)
- Qualifications
- Memberships
- Training Courses
- Leave Summary
- Leave List (Applied, Approved, Rejected or Cancelled leave)
- Attach Files
Secara umum, PIM akan menampilkan detil informasi karyawan dalam layar seperti gambar berikut:
Ada empat sub-menu dalam Modul PIM ini yaitu, Configuration, Employee List, Add Employee dan Reports
Configuration
Pembelajar….,
Dalam fitur ini kita dapat mengatur mengenai Optional Field, Custom Field, Data Import, Reporting Method, Termination Reason. Mari kita mulai dengan Optional Field
Optional Field
Fitur ini memberikan keleluasaan bagi pembelajar untuk menampilkan field yang dirasa perlu ataupun tidak perlu, tanpa harus melakukan kustomisasi melalui OrangeHRM Inc. Mari kita lihat kegunaan fitur ini dengan cara masuklah ke sub-menu Configuration ==> Optional Field pada Modul PIM.
Untuk lebih jelasnya perhatikan tampilan gambar berikut:
Apabila pembelajar memberi tanda centang di depan field tersebut, maka field tersebut akan tampil di halaman Personal Detail seperti ini:
Onsite Training tersedia bagi Anda yang membutuhkan kami hadir memberikan pelatihan secara privat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Custom Field
OrangeHRM menyediakan fitur Custom Field bagi pembelajar yang perlu membuat tambahan field informasi pada modul PIM ini tanpa harus memesan kustomisasi ke OrangeHRM. Pembelajar dapat membuat sampai sepuluh custom field. Sebagai contoh Anda dapat membuat field baru bernama “Agama” dengan opsi pilihan “Kristen, Katolik, Islam, Hindu, Budha, Lainnya” dengan dua pilihan pengisian melalui text area atau berupa opsi drop-down.
Masuklah ke sub-menu Configuration ==> Custom Field pada Modul PIM. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tampilan berikut:
Contoh cara membuatnya adalah seperti gambar berikut:
Untuk Implementasi dan Penawaran silahkan menghubungi kami di kami diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Data Import
Dear pembelajar,
Fitur ini disediakan bagi pembelajar untuk melakukan impor data per 100 data karyawan, sehingga pembelajar tidak perlu meng-entri data karyawan satu demi satu. Caranya adalah dengan masuk ke sub-menu Configuration ==> Data Import, lalu download terlebih dahulu file templatenya dalam format csv (comma seperated value), buka dengan Excel atau sejenis, lalu masukkan master data sesuai kolom yang tersedia dan upload ke sistem.
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:
Onsite Training tersedia bagi Anda yang membutuhkan kami hadir memberikan pelatihan secara privat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Reporting Method
Fitur ini adalah mengatur hubungan komunikasi atau garis komando antara bawahan dan atasan. Caranya adalah dengan masuk ke sub-menu Configuration ==> Reporting Method. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:
Contoh hasil akhir dari penataan garis komando ini tertampil sebagai berikut:
Termination Reason
Fitur ini adalah mengatur berhentinya hubungan kerja seorang karyawa. Di sini pembelajar dapat menentukan jenis-jenis pemutusan hubungan kerja, yang mana jenis-jenis ini akan muncul dalam opsi drop-down pada saat pembelajar mengubah status kekaryawanan karyawan yang bersangkutan.
Masuklah ke sub-menu Configuration ==> Termination Reason. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:
Data karyawan yang telah berhenti hubungan kerjanya dengan perusahaan tetap ada dalam database dengan keterangan yang ditandai sebagai “Past Employee” serta tanggal berhentinya hubungan kerja tetap tercatat dalam sistem.
Untuk Implementasi dan Penawaran silahkan menghubungi kami di kami diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Employee List
Dear pembelajar,
Fitur Employee List ini adalah untuk menampilkan daftar karyawan yang ada dalam sistemOrangeHRM. Masuklah ke sub-menu Employee List pada Modul PIM. Berikut ini adalah gambar tampilan dari Employee List:
Add Employee
Bila Employee List adalah untuk menampilkan daftar karyawan dalam sistem OrangeHRM, maka Add Employee digunakan untuk memasukkan data karyawan satu demi satu. Entri data secara massal dapat menggunakan fitur Data Import yang sudah dijelaskan di bagian atas dari halaman penjelasan ini.
Masuklah melalui sub-menu Add Employee pada Modul PIM. Di sini pembelajar dapat memasukkan nama karyawan dan upload foto bila ada serta sekaligus membuat login ESS User bagi karyawan tersebut. Perhatikan contoh tampilan gambar berikut:
Onsite Training tersedia bagi Anda yang membutuhkan kami hadir memberikan pelatihan secara privat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Reports
Fitur ini adalah untuk membuat tabel-tabel laporan sesuai dengan field informasi yang pembelajar kehendaki. Misal akan membuat laporan dengan nama laporan “Daftar Alamat” yang terdiri dari Field Nama, Alamat, Telepon. Caranya adalah dengan masuk ke sub-menu Report pada Modul PIM.
Perhatikan contoh gambar berikut:
Untuk Implementasi dan Penawaran silahkan menghubungi kami di kami diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Materi ini dibuat oleh TiTuS Permadi Setiawan, COA, COT dari Komunitas OrangeHRM Indonesia bagi para peserta Certified OrangeHRM Administrator Training.
Modul Admin (OrangeHRM Live)
Dear pembelajar,
Pada bagian ini kita akan mempelajari fitur-fitur OrangeHRM yang terdapat dalam OrangeHRM versi Live (Advanced). Bagian ini akan berisi empat fitur, yaitu:
- Audit Trail
- Notification
- Manage News
- Documents
Audit Trail
Audit Trail merupakan salah satu aspek dari System Security yang berfungsi untuk melacak dan memonitor siapa yang melakukan akses terhadap sistem dan apa yang ia lakukan serta pada bagian mana perubahan data dilakukan. Masuklah ke sub-menu Audit Trail pada Modul Admin.
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami pada alamat diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Notifications
Fitur dari OrangeHRM ini sangat membantu karena dapat mengingatkan kita akan even-even penting, misalnya kita membutuhkan reminder yang menginformasikan kepada kita tanggal kedaluwarsa sebuah surat, misalnya Surat Ijin Mengemudi (SIM).
Masuklah melalui sub-menu Notifications pada Modul Admin. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut.
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami pada alamat diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Manage News
Fitur ini memungkinkan pembelajar untuk mengirimkan berita kepada seluruh karyawan atau audiens terpilih. Masuklah ke sub-menu Manage News dari Modul Admin. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami pada alamat diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Document
Fitur ini memungkinkan pembelajar untuk membuat penguman dengan lampiran. Misalnya untuk menginformasikan kepada semua karyawan “Employee e-Book” terbaru yang baru saja disahkan oleh manajemen. Informasi yang diberikan dapat dikategorikan dalam kategori-kategori dokumen tertentu sesuai keperluan.
Masuklah melalui sub-menu Document ==> Manage di dalam Modul Admin atau lebih jelasnya lihat gambar berikut:
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami pada alamat diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Terima kasih atas kepercayaan Anda terhadap OrangeHRM dan Komunitas OrangeHRM Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami pada alamat di bawah ini.
Semangat OrangeHRM,
mobile: 0878 5577 8882 / PinBB 29F2752A
Modul Admin
Modul Admin, hanya bisa diakses oleh HR Admin User (Administrator User), kecuali disetting sebuah user baru yang diberi kewenangan tertentu, lalu ditetapkan ke karyawan yang ditunjuk.
Dalam prakteknya akan lebih kuat apabila penunjukan ini didukung oleh Surat Keputusan dari Manajemen yang berwenang dan menjadi acuan serta garis pedoman kerja bagi karyawan yang ditunjuk untuk itu.
Sebagai penjelasan, perlu pembelajar ketahui bahwa OrangeHRM mempunyai dua jenis user:
- HR Admin User berperan sebagai penguasa sistem OrangeHRM secara menyeluruh
- ESS User (Employee Self Service) yaitu user yang dapat masuk ke sistem. OrangeHRM memberikan fungsionalitas ini untuk memberi keleluasaan bagi user untuk berinteraksi dengan sistem dalam memasukkan informasi, mengakses modul cuti, modul time….. Dalam OrangeHRM terdapat dua golongan ESS User yaitu:
- ESS – Supervisor yang login ke sistem dalam kapasitasnya sebagai supervisor yang mempunyai bawahan atau anak buah. Dengan login sebagai ESS – Supervisor, seorang supervisor bisa mengakses informasi anak buahnya (misalnya untuk mengetahui tingkat absensinya, sisa cuti atau pun histori pengajuan cuti anak buahnya, aktual maupun histori dari performance review anak buahnya)
- ESS – Subordinate yang login ke sistem dalam kapasitasnya sebagai bawahan akhri (tidak punya anak buah). Karyawan yang bersangkutan hanya bisa melihat informasi terkait dirinya sendiri dalam hal informasi diri, absensi, cuti dan performance reviewnya.
Organization
Pembelajar yang rajin,
berikut ini adalah langkah-langkah untuk memasukkan informasi pada sub-menu Organization. Ada 3 sub-menu dalam Organization, yaitu sub-menu General Information, Location dan Structure. Sub-menu General Information untuk memasukkan informasi tentang perusahaan. Location untuk setting lokasi kerja perusahaan misalnya kantor cabang, kantor pusat, pabrik 1, pabrik 2 dan lain sebagainya. Structure untuk menterjemahkan struktur organisasi baku perusahaan ke dalam sistem OrangeHRM dengan salah satu kegunaannya untuk dikaitkan dengan jabatan seorang karyawan yang nanti akan di setting pada bagian PIM (Personal Information Management)
General Information
Pembelajar yang saya hormati,
Silahkan masuk dari sub-menu Organization ==> General Information dari Modul Admin. Di dalam sub-menu General Information ini, pembelajar bisa memasukkan informasi mengenai perusahaan seperti nama perusahaan, alamat perusahaan, NPWP dan lain sebagainya.
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Location
Dear Pembelajar,
Silahkan masuk dari sub-menu Organization ==> Location dari Modul Admin. Pada sub-menu ini, pembelajar dapat menambahkan (Add), mengedit (Edit), menampilkan (View) dan menghapus(Delete) informasi tentang lokasi perusahaan, misalnya: kantor cabang, pabrik 1, pabrik 2, kantor representative 1 dan lain sebagainya. Informasi yang ditampung dalam Location adalah alamat dari lokasi perusahaan tersebut.
Pembelajar…., nanti pada saat kita mengisi data karyawan melalui Modul PIM, maka setiap karyawan akan dikaitkan ke lokasi dimana ia bekerja. Pilihan dari lokasi ini akan muncul pada saat kita akan menentukan lokasi kerja seorang karyawan dalam Modul PIM dalam bentuk menudrop-down.
Structure
Pembelajar,
Silahkan masuk dari sub-menu Organization ==> Structure dari Modul Admin. Di sini pembelajar dapat memasukkan struktur organisasi dari perusahaan. Masukkan semua struktur yang ada, pembelajar dapat menambahkan (Add), mengedit (Edit), menampilkan (View) dan menghapus(Delete) informasi tentang struktur organisasi.
Setelah semua master data struktur organisasi dimasukkan, informasi ini akan digunakan pada saat kita mensetting masing-masing karyawan untuk jabatan tertentu yang ia pegang. Pilihan dari struktur ini (dalam PIM disebut dengan Sub-Unit) ini akan muncul pada saat kita akan menentukan Sub-Unit kerja seorang karyawan dalam Modul PIM dalam bentuk menu drop-down.
Kasus 1. Perusahaan saya sering gonta-ganti karyawan dan utak-atik struktur organisasi. Bagaimana mengatasinya? Pertama buat jabatan baru di Modul Admin, lalu lepas jabatan lama dari employee tersebut di Modul PIM, ganti dengan jabatan baru yang baru saja Anda buat. Yang kedua, setelah jabatan baru dibuat, hapus jabatan lama di Modul Admin.
Job
Pembelajar yang budiman,
Pada sub-menu Job, terdapat lima sub-menu di bawahnya, yaitu Job Title, Pay Grade, Employement Status, Job Categories, Workshift. Job Title untuk menyimpan informasi tentang Jabatan (Job Title), Job Description (uraian jabatan), Job Spesification (persyaratan jabatan). Pay Grade untuk memasukkan skala gaji atau golongan gaji (catatan: OrangeHRM Inc tidak menyediakan modul Payrol, oleh sebab itu modul payrol dibuat dan disupport oleh Komunitas OrangeHRM Indonesia). Employement Status unuk mensetting, status karyawan yang berlaku di perusahaan. Bisa saja setiap perusahaan mempunyai status kekaryawanan yang berbeda-beda. Pembelajar bisa menambah, mengubah, menghapus status karyawan dengan mudah. Job Categories untuk membuat kategorisasi pekerjaan yang diemban oleh karyawan. Workshift untuk memasukkan jam kerja shift yang berlaku di perusahaan Anda.
Job Title
Dear pembelajar, berikut adalah contoh tampilan screen dari sub-menu Job==>Job Title dari Modul Admin. Pembelajar dapat memasukkan Job Title (Jabatan), Job Description (Uraian Jabatan), Note (Catatan). Untuk Job Specification (Persyaratan Jabatan) digunakan lampiran, untuk menghemat tempat dan memenuhi system.
Onsite Training tersedia bagi Anda yang membutuhkan kami hadir memberikan pelatihan secara privat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di info@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Pay Grade
Dear pembelajar,
Pada bagian ini, kita bisa memasukkan informasi skala gaji yang berlaku bagi karyawan. Dalam skala gaji (Pay Grade) ini bisa kita masukkan gaji tertinggi dan gaji terendah untuk sebuah golongan gaji tertentu.
Catatan: OrangeHRM Inc. tidak membuat modul Payrol, oleh sebab itu untuk pengguna di Indonesia dapat menggunakan modul Payrol yang dibuat dan didukung oleh Komunitas OrangeHRM Indonesia
Employment Status
Bagian ini adalah untuk mensetting jenis-jenis atau tipe kekaryawanan yang berlaku di perusahaan kita masing-masing. Misalnya kita dapat mensetting karyawan tetap, karyawan kontrak dan lain sebagainya. Berikut adalah tampilan layar dari sub-menu Job==>Employment Status pada Modul Admin.
Employment Status ini penting untuk mendefinisikan apakah seseorang itu merupakan karyawan perusahaan atau sudah diberhentikan.
Job Categories
Dear pembelajar,
Job Categories merupakan sub-menu dibawah Job==> Job Category pada Modul Admin. Fitrur ini bertujuan untuk mengkategorisasi pekerjaan dan jabatan dalam penggolangan yang berlaku umum. Untuk lebih lejasnya lebih lengkap bila melihat gambar ini:
Onsite Training tersedia bagi Anda yang membutuhkan kami hadir memberikan pelatihan secara privat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di info@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Workshift
Bagian ini berkaitan dengan setting Work Shift (Shift Jam Kerja) karyawan. Silahkan masuk dari sub-menu Job ==> Workshift dari Modul Admin. Di dalam sub-menu Workshift ini, pembelajar bisa memasukkan informasi mengenai jenis-jenis shift jam kerja yang berbeda-beda untuk kemudian ditetapkan ke karyawan yang relevan. Informasi dipergunakan oleh sistem untuk melakukan perhitungan pada Modul Time. Lihatlah dalam contoh tampilan layar berikut:
Onsite Training tersedia bagi Anda yang membutuhkan kami hadir memberikan pelatihan secara privat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Qualification
Dalam bagian ini, OrangeHRM menyediakan empat komponen kualifikasi yaitu: Skills (Ketrampilan/Kecakapan), Education (Pendidikan), Lisence (Lisensi atau sertifikasi yang dipegang), Language (Kecakapan berbahasa yang dikuasai oleh pelamar / karyawan). Pada masing-masing bagian ini, pembelajar bisa memasukkan informasi kecakapan, pendidikan, lisensi, kecapakan berbahasa yang dikuasai oleh karyawan. Semua informasi yang pembelajar masukkan disini akan tersedia untuk dipilih pada saat mengisi data karyawan pada Modul PIM.
Skills
Silahkan masuk dari sub-menu Qualification ==> Skills dari Modul Admin. Di dalam sub-menu Skills ini, pembelajar bisa memasukkan informasi mengenai jenis-jenis kecakapan kerja yang telah didefinisikan untuk kemudian ditetapkan ke karyawan yang relevan. Lihatlah dalam contoh tampilan layar berikut:
Onsite Training tersedia bagi Anda yang membutuhkan kami hadir memberikan pelatihan secara privat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di info@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Education
Silahkan masuk dari sub-menu Qualification ==> Education pada Modul Admin. Di dalam sub-menu Education ini, pembelajar bisa memasukkan informasi mengenai jenis-jenis pendidikan yang telah didefinisikan untuk kemudian ditetapkan ke karyawan yang relevan. Misalnya pendidikan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sarjana S-1, Sarjana S-2/Magister, Sarjana S-3/Doktor. Untuk lebih jelasnya silahkan pembelajar lihat pada gambar berikut:
License
Pada masa sekarang ini semakin marak tuntutan sertifikasi profesi untuk menjamin kompetensi tenaga kerja. Bagi pencari kerja dan calon karyawan semakin dituntut untuk mempunyai kompetensi kerja dan tidak cukup hanya kompetensi akademis saja. Fitur License dalam OrangeHRM memberikan fasilitas bagi pembelajar untuk memasukkan berbagai jenis lisensi, sertifikasi profesi ke dalam sistem. Pada saat pembelajar mengisi data karyawan pada Modul PIM, semua jenis lisensi yang telah dimasukkan disini akan tampil sebagai opsi dalam tampilan menu drop-down di Modul PIM.
Silahkan masuk dari sub-menu Qualification ==> License pada Modul Admin. Di dalam sub-menu License ini, pembelajar bisa memasukkan informasi mengenai jenis-jenis lisensi, sertifikasi yang berlaku untuk kemudian ditetapkan ke karyawan yang relevan. Misalnya pendidikan Certified OrangeHRM Administrator (COA), Certified Information System Auditor (CISA) dan lain sebagainya.
Berikut ini adalah contoh tampilannya:
Onsite Training tersedia bagi Anda yang membutuhkan kami hadir memberikan pelatihan secara privat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di info@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Language
Pembelajar yang budiman,
Silahkan masuk dari sub-menu Qualification ==> Language pada Modul Admin. Di dalam sub-menu Language ini, pembelajar bisa memasukkan informasi mengenai kompetensi dalam penguasaan bahasa untuk kemudian ditetapkan ke karyawan yang relevan pada saat kita mengisi data karyawan pada Modul PIM. Untuk lebih jelasnya silahkan pembelajar lihat pada gambar berikut:
Membership
Pembelajar yang budiman,
Silahkan masuk dari sub-menu Membership pada Modul Admin. Di dalam sub-menu Membership ini, pembelajar bisa memasukkan informasi mengenai membership yang diikuti oleh karyawan Anda. Situasi dan perkembangan jaman yang semakin maju dan globalisasi yang membutuhkan kompetensi yang bersifat standar dan global menuntut karyawan untuk mempunyai pergaualan, standar dan kompetensi internasional. Pergaulan dan peningkatan kompetensi tersebut dapat dicapai dengan bergabung dengan berbagai komunitas profesi atau asosiasi profesi di tingkat nasional maupun internasional.
Fitur Membership dalam OrangeHRM ini membantu pembelajar untuk mencatat berbagai membership yang diikuti oleh karyawan-karyawan kunci perusahaan. Sama seperti fitur-fitur terdahulu, informasi yang pembelajar masukkan dalam fitur ini akan tersedia pada saat kita menetapkan detil informasi masing-masing karyawan melalui Modul PIM. Untuk lebih jelasnya silahkan pembelajar lihat pada gambar berikut:
Onsite Training tersedia bagi Anda yang membutuhkan kami hadir memberikan pelatihan secara privat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Nationalities
Dear Pembelajar ,
OrangeHRM adalah sebuah Human Resource Information System yang dibuat berbasis web guna mengantisipasi adanya kebutuhan bagi perusahaan-perusahaan global yang beroperasi di banyak negara atau lokasi. Dengan menggunakan teknologi berbasis web, akses dan interaksi dapat dilakukan via Internet.
Selain itu, OrangeHRM secara stratejik dibuat untuk mengantisipasi adanya pengelolaan Global Human Resource Management yang mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) dari latar belakang negara yang berbeda-beda. Fitur ini memungkinkan kita mengelola Global Talent dengan leluasa.
Silahkan masuk dari sub-menu Nationalities pada Modul Admin. Susunan pilihan negara disajikan secara urut abjad. Untuk lebih jelasnya silahkan pembelajar lihat pada gambar berikut:
Users
Sebagaimana telah disebutkan di atas, OrangeHRM terdiri dari 2 (dua) jenis User, yaitu sebagai Admin dan sebagai ESS. Fitur ini memungkinkan Anda membuat lebih dari satu Admin user dan ESS user sebanyak jumlah karyawan yang ada di dalam perusahaan Anda, dan Anda kehendaki untuk dapat login ke dalam sistem OrangeHRM ini.
Caranya adalah dengan masuk ke sub-menu User seperti ini:
Onsite Training tersedia bagi Anda yang membutuhkan kami hadir memberikan pelatihan secara privat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Email Notification
Dear pembelajar,
Bagian ini sedikit teknis dan mungkin membuat pembelajar yang belum memahami hal-hal teknis sedikit mengerutkan dahi. Okaylah, bila kesulitan minta bantuan bagian IT adalah solusi yang baik. Pada bagian ini kita akan melakukan setting terhadap server yang akan menjalankan pengiriman email karena OrangeHRM dilengkapi fitur Notification yang akan mengirimkan informasi ke orang-orang yang berkepentingan dan telah disetting untuk itu.
Configuration
Silahkan masuk ke sub-menu Email Notification ==> Configuration pada Modul Admin. Untuk jelasnya lihat tampilan berikut:
Subscribe
Dear pembelajar,
OrangeHRM menyediakan fitur notifikasi manakala ada kegiatan dalam sistem yang berlangsung untuk hal-hal berikut:
- Leave Applications
- Leave Assignment
- Leave Approvals
- Leave Cancellation
- Leave Rejection
- Performance Review Submission
Silahkan masuk ke sub-menu Email Notification ==> Subscribe pada Modul Admin. Untuk jelasnya lihat tampilan berikut:
Pembelajar dapat mengisikan lebih dari satu alamat email pada masing-masing Notification Type.
Onsite Training tersedia bagi Anda yang membutuhkan kami hadir memberikan pelatihan secara privat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Project Info
Fitur ini sangat berguna bagi perusahaan yang melayani pekerjaan berbasis proyek. Artinya ada karyawan-karyawan yang ditugaskan untuk menangani proyek. Fitur ini cocok bagi perusahaan kontraktor, konsultan yang berbasis proyek. Dengan fitur ini, pembelajar bisa memonitor kegiatan yang telah dijalankan oleh karyawan yang pembelajar tugaskan ke suatu proyek dan penggunaan waktunya.
Fitur ini juga dapat digunakan untuk mengukur efektifitas dan produktifitas dalam penggunaan waktu pengerjaan proyek oleh masing-masing karyawan yang ditugaskan pada proyek-proyek yang sejenis atau sama.
Customers
Silahkan masuk ke sub-menu Project Info ==> Customer pada Modul Admin. Lebih jelasnya lihat gambar berikut:
Project
Pada fitur ini pembelajar dapat memasukkan nama proyek dari Customer yang sudah di input sebelumnya. Silahkan masuk ke sub-menu Project Info ==> Project pada Modul Admin, atau lebih jelasnya lihat gambar berikut:
Selanjutnya, pembelajar dapat memasukkan aktifitas dalam proyek tersebut seperti gambar berikut:
Onsite Training tersedia bagi Anda yang membutuhkan kami hadir memberikan pelatihan secara privat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Configuration
Dear pembelajar,
Ada dua sub-menu dalam fitur Configuration, yaitu Localization untuk mengatur pilihan Bahasa Indonesia dan Modules untuk mengatifkan / me-non-aktifkan Modul yang digunakan atau tidak digunakan.
Fitur ini merupakan fitur yang bersahabat, karena dengan fitur ini kita dapat mengatur OrangeHRM dalam rasa lokal kita. Fitur ini untuk mengatur pilihan Bahasa Indonesia dan format tanggal Indonesia. Masuklah ke sistem melalui sub-menu Configuration ==> Localization untuk mengaturnya seperti gambar berikut:
Fitur berikutnya adalah Module, masuklah melalui sub-menu Configuration ==> Module pada Modul Admin atau lihat petunjuk gambar ini agar lebih jelas:
Onsite Training tersedia bagi Anda yang membutuhkan kami hadir memberikan pelatihan secara privat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami diinfo@orangehrm-indonesia.com atau 0878 5577 8882 atau 031 31268019 atau PinBB 29F2752A
Dear pembelajar,
Anda telah menyelesaikan pembelajaran dan praktek menggunakan Modul Admin dari OrangeHRM Versi 2.7 (Open Source). Untuk versi OrangeHRM Live 2.7 (Advanced – Commercial) akan pembelajar temukan pada halaman lain dari situs ini.
Terima kasih atas kepercayaan terhadap OrangeHRM dan Komunitas OrangeHRM Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami pada alamat di bawah ini.
Semangat OrangeHRM,
mobile: 0878 5577 8882 / PinBB 29F2752A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar