25OCT
Produk
Produk didalam Adempiere adalah sesuatu yang akan digunakan untuk dijual, dibeli ataupun digunakan untuk kebutuhan lain, atau sesuatu yang disimpan dan mempunyai suatu Harga. Contoh Produk adalah:
• Items (barang)
• Services (jasa)
• Resources (sumber daya)
• Expense Types (jenis pembiayaan)
• Items (barang)
• Services (jasa)
• Resources (sumber daya)
• Expense Types (jenis pembiayaan)
Items/barang adalah barang-barang yang secara fisik ada dan biasanya mempunyai stok. Sedangkan Service /Jasa adalah sesuatu (non fisik) yang tidak terbatas dalam kaitannya dengan ketersediaan sumber dayanya. Expenses (Biaya) adalah sesuatu yang dapat ditagihkan, sebagai contoh, konsultan yang membuat biaya perjalanannya dapat di tagih ke pelanggan.
Produk dapat diuraikan sebagai ‘koleksi Asset dengan atribut yang serupa.
Flow untuk memakai produk ini adalah bilamana telah disetup modul-modul berikut :
– Warehouse/Locator
Warehouse adalah gudang dari tempat penyimpanan, dalam setiap gudang terdapat halnya rak-rak tempat penyimpanan yang disebut dengan Locator dapat mengakses Warehouse & Locator dari menu Material Management.
– Unit of Measure
Unit of Measure (UOM) adalah satuan dari produk dan setiap UOM dapat dikonversikan. Tentu saja sebuah konversi UOM harus dibuat, misalnya 12 each = 1 kusin.
– Product Category
Produk Category adalah pengelompokan produk menjadi kategori-kategori yang lebih umum, didalam Adempiere, produk kategori ini menyimpan informasi akuntansi dari produk-produk yang kelompokan dan informasi ini adalah level terendah untuk setup akuntansi didalam Adempiere.
– Tax Category
Tax Category adalah pengelompokan pajak. Bilamana ini telah selesai pembuatan produk dapat dimulai. Untuk menginput produk dapat dilakukan dengan 2 hal yaitu dengan menggunakan Export/Import dan dengan melakukan entry satu persatu didalam window product.
20OCT
Business Partner
Business Partner adalah gabungan untuk informasi database yang terdiri dari Vendor (Pemasok), Customer (Pelanggan) Dan Employee (Karyawan) yang hendak melakukan proses pembelian, penjualan atau transaksi lainnya. Konsep Business Partner ini jauh lebih fleksibel dibanding kebanyakan aplikasi, karena suatu Business Partner bisa merupakan suatu Vendor, suatu Customer, suatu Employee atau kombinasi ke tiganya. Setiap Business Partner memiliki banyak Location dan Contact Person, sehingga dalam proses penjualan dan pembelian barang dapat mengacu pada lokasi dan kontak yang berbeda-beda. Kasus yang sering terjadi adalah pembelian di Jakarta, tetapi pengiriman barang ke tempat atau wilayah lain.
Setup Business PartnerSatu Business Partner diijinkan juga mempunyai hubungan dengan Business Partner lain. Ini mengijinkan suatu Sales Order untuk dikirimkan kepada suatu Business Partner yang pertama, dan tagihan invoice kepada suatu Business Partner yang kedua Dan Pembayaran dilakukan oleh Business Partner yang ketiga.
Workflow Setup Business Partner:
Seperti digambarkan pada Workflow, langkah langkah Setup Business Partner adalah sebagai berikut:
1. Membuat Business Partner Group
– Common Accounting
– For Reporting Purposes
– Common Accounting
– For Reporting Purposes
2. Setup Greeting
– Untuk Business Partner & Contact
– Untuk Business Partner & Contact
3. Menentukan Payment Term
– Untuk Sales Order dan Purchase Order
– Untuk Sales Order dan Purchase Order
4. Menentukan Invoice Schedule
– Summary Invoices for Shipments
– Locations
– Ship – Invoice
– Pay From – Remit To
– Summary Invoices for Shipments
– Locations
– Ship – Invoice
– Pay From – Remit To
5. Menentukan Withholding,
– Quality, Tax (1099)
– Quality, Tax (1099)
6. Menentukan Dunning
7. Menentukan Re9nue Recognition
8. Import Business Partner
9. Membuat / Update Business Partner
Bekerja dengan Business Partner:
– Business Partner
Business partner adalah informasi mengenai Business Partner.
– Customer
Informasi ini diperlukan bilamana jenis Business Partner adalah pelanggan. Price List adalah fitur penting. Filter pelanggan terhadap produk dapat dilakukan menggunakan Price List akan mengakibatkan harga jual barang untuk setiap pelanggan dapat berubah-ubah. Untuk membuat Business Partner menjadi pelanggan, check box sebaiknya dipilih.
– Vendor
Vendor adalah kebalikan dari Customer, informasi pelanggan diperlukan bilamana jenis Business Partner adalah Suplier. Payment Term didalam vendor adalah bersifat informasi, dengan termin yang disertakan perusahaan dapat melacak setiap pembelian barang dan kapan jatuh tempo, walaupun tentu saja didalam pembuatan Purchase Order, kita dapat merubah termin Pembayaran. Untuk membuat bisnis partner menjadi vendor, checkbox sebaiknya dipilih.
– Employee
Employee atau pegawai harus dipilih bilamana bisnis partner adalah seorang pegawai perusahaan. Sebuah nama akan diperlukan untuk mengidentifikasikan bahwa Business Partner ini adalah seorang pegawai.
– Bank Account
Setiap bisnis partner dapat memiliki rekening bank, informasi seperti Credit Card diperlukan bilamana kita hendak mengimplementasikan modul web dari Adempiere.
– Location
Location adalah lokasi dari bisnis partner, setiap bisnis partner dapat memiliki lebih dari satu lokasi, pilihan ship-to-address, pay-from-address, bill-to-address diperlukan untuk transaksi berikutnya didalam modul pembelian dan penjualan.
– Contact Person
Contact Person adalah orang yang dapat dihubungi, tentu saja fitur ini tidak diperlukan bilamana pegawai sendiri menjadi bisnis partner. Setiap Business Partner dapat memiliki lebih dari satu contact person.
19OCT
Adempiere quick start guide
Posted by adempiereguide in Adempiere. Leave a Comment
Adempiere yang berjalan diatas Java, sehingga bisa berjalan MacOS, Windows, Linux, ataupun Solaris dengan baik. Desain tampilan menu Adempiere dibuat seragam, sehingga memudahkan bagi kita untuk memahaminya. Menu Adempiere berbentuk tree/pohon, yang mana setiap tree ini dapat didesain berbeda-beda sesuai dengan role dari user yang masuk. Setiap node didalam tree ini dapat menjalankan sebuah Window / Form, Report, Workflow, Process atau instruksi lainnya, setiap Form, Window atau Report dapat diberikan level keamanan akses, sehingga setiap user yang mengakses dapat diberikan hak membaca, membuat atau mencari.
Adempiere Window
Aplikasi Adempiere mengacu pada window, setiap Window hadir dengan tab-tab yang mana setiap tab itu terkait secara database, tab yang paling atas adalah master dari transaksi barbasis Window.
Setiap tab terdiri dari Window pengisian yang dapat terdiri dari satu baris atau 2 baris kolom. Setiap isian didalam tab didalam Windows Umumnya standar, ada berbentuk Calendar, referensi dari table lainnya, ataupun memanggil Form atau Window lainnya.
ADempiere mengizinkan kita untuk menambahkan sebuah Window baru ke dalam sistem. Sebuah Window biasanya terdiri atas satu atau lebih Tab yang dapat tersusun secara hierarkikal, dan Tab terdiri atas satu atau lebih Field. Sebenarnya sebuah Tab mewakili sebuah tabel dalam database dan Field mewakili kolom-kolom yang terdapat di dalamnya. Dan itu semua bisa dilakukan tanpa pengetahuan tentang bahasa pemrogram khususnya Java
Setiap Window datang dengan tool bar yang seragam, serta beberapa tool bar default yang diperlukan untuk melakukan proses pengisian dan pengeditan data berbasis Window.
Adempiere Form
Adempiere Form diperlukan sebuah untuk menginput yang lebih komplek dan tidak dapat dilakukan dengan Window, yaitu sebuah pengembangan Form yang mengacu pada pemrograman berbasis objek menggunakan Java. Untuk penggunaan Form ini bisa diselipkan coding java, yang tentunya dibutuhkan pengetahuan tentang pemrograman Java.
Beberapa contoh Form didalam Adempiere diantaranya adalah Form untuk Material yang selalu ada disetiap toolbar Window, dengan iconnya yang berbentuk bujur sangkar. Matching transaksi antara invoice, Receipt dan Purchase Order adalah contoh lain dari Form.
Adempiere Report
Report didalam Adempiere ada 2 buah yaitu report yang berbentuk form report seperti Purchase Order Form, Sales Order Form, atau Quotation Form dan summary report yang dapat di drilldown. Disamping itu untuk report yang lebih kompleks kita bisa menggunakan JasperReport
Memulai Adempiere
Bilamana proses instalasi Adempiere telah selesai, ada beberapa mekanisme menjalankan Adempiere, cara pertama adalah mengklik icon Adempiere di Desktop atau di menu dan proses ini agak teknis dan sebaiknya seorang system admin yang melakukan, Umumnya user level tinggi yang mengklik.
Bilamana icon telah diklik sebuah indicator Java WebStart akan muncul dan proses instalasi Adempiere akan terjadi secara otomatis.
Akan muncul sebuah dialog yang meminta izin mengenai security.
Setelah itu akan muncul sebuah login form yang akan meminta User ID dan Password.
Tab login akan berubah ke default dan sebuah role akan diminta, Umumnya hanya satu role yang dapat dipilih, tetapi Adempiere memungkinkan mengimplementasikan lebih dari satu role untuk sebuah User ID.
Bilamana, proses otorisasi login telah selesai, sebuah menu Utama berbentuk tree akan keluar, setiap role akan memiliki satu tree dengan banyak branch dan node yang memiliki arti sendiri-sendiri, yang mana akan dibahas lebih lanjut dibab berikutnya.
Semua node yang ada di menu Utama Adempiere dapat dipindahkan menjadi shortcut, dengan mengkilik-kanan pada node yang hendak dibuat, sebuah tombol “Add to Bar” akan keluar, kliklah dan secara otomatis sebuah Shortcut akan terbentuk.
Adempiere versi Web
Adempiere memiliki mekanisme akses lainnya dan mekanisme ini sebenarnya merupakan versi Web dari Adempiere standalone yang proses instalasinya telah dibahas diatas.
Menambahkan data pada Window yang aktif
Window Adempiere yang mengadopsi autogenerate link, artinya setiap data yang dirasakan kurang, dapat ditambahkan secara otomatis di Window yang aktif , tentu saja bilamana user yang mengakses telah diberikan hak untuk menambahkannya.
Bilamana tombol kanan mouse diklik pada icon baik itu untuk combo box, maka secara otomatis sebuah menu value akan keluar.
Bilamana Zoom dipilih sebuah Window atau Form akan keluar. Umumnya Window yang muncul adalah parent link dari window bersangkutan.
Sedangkan bilamana Value Reference yang dipilih akan muncul dialog Value Reference.
Didalam Value Reference, user dapat melihat level security dan hak akses dari data yang dipilih.
Membuat data langsung di Window yang sedang aktif
Adempiere selain dapat melakukan zoom untuk memanggil parent data dari data yang dipilih, juga memiliki fitur untuk menambahkan data baru. Dibawah ini adalah membuat Bussiness Partner baru pada ada Purchase Order yang dipilih sebelumnya.
Terdapat perbedaan antara New Record dengan zoom, zoom akan menampilkan Business Partner berbentuk window, sedangkan New Record akan menampilkan sebuah For saja tanpa tabnya.
Bilamana pemasukan data telah dilakukan baik dengan metode zoom atau New Record, tekanlah Refresh dan secara otomatis Window yang aktif dapat memilih data yang baru.
Setelah proses pengisian dapat merekam data yang telah diisi dengan menekan icon save pada toolbar.
Sebenarnya Adempiere akan otomatis merekam data bilamana kita manekan tab yang lain, karena Adempiere tidak mendukung batch save mode.
Menyelesaikan Order
Bilamana pengisian data telah selesai, ada informasi status disetiap parent Window, ada tombol Complete. Tombol Complete sebaiknya ditekan dan ini diperlukan untk merubah status sebuah order dari sedang dalam proses sebuah order dari sedang dalam proses pengisian menjadi siap dipakai.
Sebuah tombol Unposted akan muncul bilamana proses penyelesaian order telah selesai, sebuah timer scheduler akan otomatis merubahnya menjadi status Posted bilamana user tidak menekannya, yang mana proses ini berjalan setiap 15 menit sekali, sedangkan tombol Unposted diperlukan bilamana terbaru-buru untuk memproses data tersebut.
Mencari Data Tersimpan
Setelah melakukan proses pengisian data dan merekamnya, proses berikutnya yang umum berlaku untuk semua Window dalam Adempiere adalah proses pencarian dan pengeditan data.
Untuk melakukan proses pencarian dapat melakukan dengan menekan tombol search yang bergambar teropong, atau memanggil Form yang memiliki fitur pencarian dari Menu View.
19OCT
Adempiere Install WinXp (2)
Posted by adempiereguide in Adempiere. Leave a Comment
Persiapan
1. Anda harus menyiapkan komputer dengan Spec: Pentium 4 dengan memory minimal 512MB
2. Download JDK1.5 di http://java.sun.com/javase/downloads/index_jdk5.jsp
2. Download JDK1.5 di http://java.sun.com/javase/downloads/index_jdk5.jsp
bisa juga anda gunakan JDK1.6 di http://java.sun.com/javase/downloads/index.jsp
3. Download PostgreSQL versi terbaru di http://www.postgresql.org/
4. Download Adempiere 3.40 di http://sourceforge.net/projects/adempiere/
Atau versi Adempiere terbaru 3.54a di http://sourceforge.net/projects/adempiere/files/
Pada contoh berikut ini kamu menggunakan PostgreSQL 8.4.1 dan Adempiere 3.54a, tetapi anda bisa gunakan untuk versi berbeda, dengan cara yang sama
Langkah Instalasi
1. Install JDK 1.6 di komputer anda, Setelah selesai catat nama folder tempat anda menginstallnya. (contoh C:\Program Files\Java)
2. Setting Environtment sebagai berikut:
– Tambahkan path instalasi JDK / JRE anda sebagai berikut(disesuaikan dengan letak folder instalasi anda) : C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_16\bin; C:\Program Files\Java\jre6\bin\client;
– Kemudian tambahkan Variable sebagai berikut:
Variable Name = JAVA_HOME , Variable Value = C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_16
Variable Name = JRE_HOME , Variable Value =C:\Program Files\Java\jre6
Variable Name = COMPIERE_HOME , Variable Value = C:\Adempiere
Variable Name = JRE_HOME , Variable Value =C:\Program Files\Java\jre6
Variable Name = COMPIERE_HOME , Variable Value = C:\Adempiere
3. Install PostgreSQL, pastikan PL/Java dipilih untuk diinstal
Isi Password = postgres
4. Buka PgAdminIII, dan Connect to postgresql
– Klik kanan di Postgresql database server and connect.
– Masukkan password
Buat user adempiere dengan password adempiere dengan superuser rights (lihat
gambar dibawah)
gambar dibawah)
4. Tambahkan parameter kedalam postgresql.conf (apabila belum ada)Custom_variable_classes = ‘pljava’
pljava.classpath = ‘C:\Program Files\PostgreSQL\8.4\lib\pljava.jar’
pljava.release_lingering_savepoints = true
pljava.vmoptions = ‘-Xmx64M -Dbackchannel.port=48’
pljava.debug = false
pljava.classpath = ‘C:\Program Files\PostgreSQL\8.4\lib\pljava.jar’
pljava.release_lingering_savepoints = true
pljava.vmoptions = ‘-Xmx64M -Dbackchannel.port=48’
pljava.debug = false
Connection Settings
listen_addresses = ‘*’ # what IP address(es) to listen on * = all
listen_addresses = ‘*’ # what IP address(es) to listen on * = all
Tambahkan juga IP anda di pg_hba.conf :
host all all 127.0.0.1/32 trust
host all all 192.168.1.222/24 trust # ini adalah IP komputer anda
host all all 192.168.1.222/24 trust # ini adalah IP komputer anda
5. Stop Postgresql dan Start kembali
6. Unzip dan ekstrak Adempiere ke dalam folder: C:\Adempiere
7. Dari command prompt, jalankan perintah berikut:
psql -U adempiere -d adempiere -c “drop schema sqlj cascade”
psql -U adempiere -d adempiere -f adempiere_pg.dmp 2> dum_error.dmp
psql -U adempiere -d adempiere -c “drop schema sqlj cascade”
psql -U adempiere -d adempiere -f adempiere_pg.dmp 2> dum_error.dmp
8. Jalankan C:\Run_Setup.bat
Klik tombol TEST dan klik tombol SAVE.Ketik D:\Adempiere\utils\RUN_Server2.bat pada command prompt
Ketik D:\Adempiere\RUN_Adempiere.bat pada command prompt
Selamat anda telah berhasil install Adempiere
18OCT
Adempiere Install WinXp (1)
Posted by adempiereguide in Adempiere. Leave a Comment
Windows Installer
Installer ini hanya jalan untuk Sistem Operasi MS Windows, dan secara otomatis akan melakukan instalasi semua yang dibutuhkan untuk menjalankan Adempiere yaitu:
o Java JDK
o Postgres Database
o ADempiere
o Import the database dump
o Melakukan setting yang dibutuhkan
Installer ini hanya jalan untuk Sistem Operasi MS Windows, dan secara otomatis akan melakukan instalasi semua yang dibutuhkan untuk menjalankan Adempiere yaitu:
o Java JDK
o Postgres Database
o ADempiere
o Import the database dump
o Melakukan setting yang dibutuhkan
Tampilkan System Properties.
Dilayar diketahui Full computer name: PCADEM, nama ini digunakan untuk nama APPLICATION HOST.
Dilayar diketahui Full computer name: PCADEM, nama ini digunakan untuk nama APPLICATION HOST.
Download Installer
·
·
- Download Installer Adempiere disini.
- Jalankan Adempiere3.42s_Setup.exe
·
· Klik OK.
· Akan tampil form berikut
· Akan tampil form berikut
· Klik Next
· Klik I Agree.
Disarankan untuk mengganti nama directory path yang lebih simple dan tidak mengandung spasi. Misal C:\ lebih disarankan dibanding C:\Programs Files\
Disarankan untuk mengganti nama directory path yang lebih simple dan tidak mengandung spasi. Misal C:\ lebih disarankan dibanding C:\Programs Files\
· Klik Next
· Isi Password dengan ‘adempiere’.
· Isi Password dengan ‘adempiere’.
· Klik Next
· Anda tinggal menunggu selama beberapa menit
· Anda tinggal menunggu selama beberapa menit
· Untuk memastikan semua berjalan lancar ketik C:\Adempiere\RUN_setup.bat
· Anda tinggal menunggu selama beberapa menit
· Anda tinggal menunggu selama beberapa menit
· Isi Database Server name : localhost
· Klik tombol TEST dan klik tombol SAVE.
Ketik D:\Adempiere\utils\RUN_Server2.bat pada command prompt
Ketik D:\Adempiere\RUN_Adempiere.bat pada command prompt
Selamat anda telah berhasil install Adempiere
18OCT
Sekilas tentang Adempiere
Adempiere adalah proyek diprakarsai komunitas untuk mengembangkan dan mendukung solusi bisnis sumber terbuka dengan menyediakan fungsionaliatas sebuah Enterprise Resource Planning (ERP), Customer Relationship Management (CRM) dan Supply Chain Management (SCM). Proyek Adempiere didirikan bulan September 2006 sebagai tindak lanjut dari ketidaksepakan para pengembang Compiere™ dengan perusahan komersil dibelakangnya: ComPiere Inc. Pengembangan proyek Adempiere adalah murni open source menggunakan kode basis seputar proyek Compiere™.
Bagi yang pernah menginstall Compiere maka step instalasinya tidak jauh beda dengan Adempiere saat ini. Saat tulisan ini dibuat versi Adempiere sudah 3.4.2 (stable release) dan sudah ada versi alpha 3.5.4a.
Adempiere sangat cocok bagi anda yang menghendaki menggunakan aplikasi sekelas Compiere yang Full Feature namun masih free (tidak harus bayar), tentu Adempiere menjadi pilihan Utama. Seperti halnya Compiere, Instalasi Adempiere cukup mudah.
Database Oracle dan PostgreSQL adalah database yang paling disupport oleh Adempiere. Sekian sekilas info of Adempiere.
Apa sebenarnya yang membuat Adempiere ini berbeda dibandingkan dengan produk Open Source lainnya? Ada beberapa yang membuat Adempiere ini sangat berbeda dibandingkan dengan teknologi lain, diantaranya :
- Adempiere merupakan turunan Compiere yang merupakan revolusi baru dari perkembangan Open Source ERP. Sama seperti Compiere, Adempiere dibaguan dengan terbuka berbasis Java dengan menggunakan JBoss sebagai Application Server . JBoss sebagai revolusi middleware dan Adempiere sebagai revolusi operasional. JBoss (dibaca: Jay Boss) adalah server aplikasi sumber terbuka berbasis Java EE yang di-implementasikan menggunakan Java. Dengan basis Java, JBoss otomatis lintas platform, dalam arti ia dapat digunakan di segala sistem operasi yang mendukung Java.
- Adempiere adalah aplikasi Open Source berbasis MDA yaitu Model Driven Architecture, atau disebut dengan Adempiere Application Dictionary, yang mana diakui sebagai salah satu cara mengembangkan aplikasi paling modern. Kemampuan MDA ini yang menyebabkan semua pihak dapat melakukan customisasi terhadap seluruh fitur-fitur dari Adempiere, setiap Window dalam Adempiere dapat ditambahkan sebuah menu atau field baru tanpa modifikasi. Salah satu kekuatan Adempiere adalah adanya Data Dictionary, dimana kita bisa melakukan kustomisasi tanpa melakukan ‘coding’. Dan ini biasanya hanya ada pada SAP, Oracle ERP atau software ERP papan atas.
- Salah satu yang dibanggakan pada Adempiere adalah kemampuan Adempiere multi-currency, multi-language, multi-organization, multi-accounting, multi-costing dan multi-taxes . yang sering disebut sebagai The Multis.
- Adempiere meliliki skema referensi yang memungkinkan diupgrade ke versi terbaru tanpa merubah data, dan dengan sedikit melakukan migrasi data.
- Adempiere adalah ERP multiplatform dan portable, Adempiere yang berjalan diatas Java, sehingga bisa berjalan MacOS, Windows, Linux, ataupun Solaris dengan baik.
- Adempiere adalah aplikasi bisnis lengkap yang saling terintegrasi antara sistem Accounting, Finance, Sales, Purchasing, Inventory, Customer Relationships Management, Web Store, dan Business Intelligence. Dengan sistem yang terintegrasi ini, Adempiere dapat men-sinkronisasi dan mengoordinasi seluruh proses bisnis di setiap departemen/cabang sehingga memungkinkan mereka saling berbagi informasi dan berkomunikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar