6 Project Sederhana Untuk Belajar Pemrograman Python
Beberapa minggu terakhir belajar bahasa pemrograman Python, merupakan hal yang baru, menarik dan harus di mulai dari bawah bagi saya. Seperti yang banyak dirasakan para programmer, cara terbaik beradaptasi dengan bahasa pemrograman baru adalah dengan implementasi langsung dalam pengerjaan project. Masalahnya bagaimana jika belum ada project namun rasa ingin belajar pemrograman baru tinggi?
Mulai dengan Project Sederhana
Mulailah dengan project sederhana. Project ini dapat berupa game-game kecil tanpa harus ada UI. Untuk saya, beberapa project seperti game Tebak Kata, Tebak Angka, hingga game Gunting Batu Kertas adalah project-project sederhana namun sangat membantu dalam belajar bahasa Pemograman Python.
Berikut 6 project sederhana untuk belajar bahasa pemograman Python:
Permainan Lembar Dadu
Project ini sangat sederhana, merupakan permainan simulasi lempar dadu. User akan diberikan kesempatan untuk me-roll dadu secara acak, program kemudian menampilkan hasil lemparan acaknya. Sangat sederhana namun baik untuk menjadi dasar memulai project-project berikutnya.
Konsep yang digunakan:
Random, Integer, Print, Input, dan While Loop
Gambar 1. Lembar dadu Python |
Pembuat Cerita
Project ini dapat memberikan pemahaman lebih terhadap konsep string dan variabel dalam Python. Projectnya akan memiliki format sebuah cerita dimana beberapa bagian cerita kosong (untuk diisi). User akan diberikan kesempatan untuk mengisi kata-kata yang diinginkan, ketika selesai, program menampilkan cerita dengan format yang sudah ada digabung dengan input dari user.
Konsep yang digunakan:
String, Variable, Input/Output, List
Gambar 2. Pembuat cerita dengan Python |
Tebak Angka
Dari namanya permainan ini sudah tertebak akan berbentuk seperti apa. Permainan ini melibatkan komputer yang akan memilih secara acak angka 1-100 dan disimpan, kemudian user akan menebak angka dari 1-100 yang disimpan oleh komputer. Jika tebakan user lebih besar dari angka yang disimpan komputer, akan keluar notifikasi bahwa angka tebakan terlalu besar, begitu juga sebaliknya.
Konsep yang digunakan:
Random, Function, If-Else Statement, While Loop, Integer, Input-output, dan Execption
Gambar 3. Permainan tebak angka dengan Python |
Gunting Batu Kertas
Permainan yang sangat populer dan sederhana ini dapat menjadi alternatif mini project yang baik untuk belajar Python. Dengan lawan adalah komputer, user akan beradu gunting batu kertas. Komputer memilih secara acak antara gunting, batu dan kertas. Kemudian dilanjutkan dengan input pilihan user. Jika user memilih gunting sedangkan komputer memilih kertas makan user menang, dan begitu pula dengan pilihan-pilihan lain sesuai aturan permainannya.
Konsep yang dibutuhkan:
Random, Function, If-Else Statement, Dictionary, List, Tuple, dan While Loop
Gambar 4. Permaian gunting batu kertas dengan Python |
Permainan Petualangan dengan Text
Permainan ini memiliki skenario seekor kelinci yang ingin mengantar sebuah telur untuk di simpan pada sebuah keranjang. Keranjang berada pada sebuah ruangan dalam rumah. Dengan menggunakan input text user dapat menggerakkan kelinci dari satu ruangan ke ruangan lain untuk mencari keranjang. Setelah telur berhasil di kirim, kelinci harus di arahkan ke ruangan awal pada saat game baru di mulai.
Konsep yang digunakan:
Random, Function, If-Else Statement, Dictionary, List, Tuple, While Loop, Bolean, dan Input-output
Gambar 5. Permainan petualangan text dengan Python |
Tebak Kata
Bagi saya ini adalah project sederhana yang paling menarik karna mirip salah satu game yang ada di kamus elektronik Indonesia-Inggris yang sering saya mainkan waktu sekolah SD dan SMP. Bedanya, kita membatasi game ini hanya pada 1 bahasa saja, yaitu Indonesia.
Tujuan project ini sederhana, user akan menebak kata acak pilihan komputer hingga benar. Awalnya game memiliki beberapa kata, kemudian dipilih secara acak untuk di tebak oleh user. User bisa memasukkan 1 huruf pertebakan kemudian game mengecek apakah ada huruf tersebut yang terkandung dalam kata, jika ada huruf akan muncul dan begitu seterusnya sampai user dapat menebak keseluruhan huruf yang membentuk kata.
Konsep yang digunakan:
Random, Function, If-Else Statement, Dictionary, List, Tuple, For Loop, While Loop, Bolean, dan Input-output
Gambar 6. Tebak kata dengan Python |
Tiap project sederhana dari permainan-permainan yang telah disebutkan dapat dibuat dengan Python, untuk dokumentasi kodenya dapat dilihat di:
https://github.com/yasirutomo/mini-project-python
Silahkan dicoba dulu dan bandingkan kode kalian dengan yang telah saya gunakan. Jika ada ide mini project lain dengan python, biarkan saya tahu dengan menyampaikannya di halaman komentar artikel ini. Selamat mencoba.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar